3 Tips Aman Belanja Online


Zaman sekarang sudah semakin canggih. Awalnya kita jika ingin belanja sesuatu (sesuatu yah :D), kita harus pergi ke toko yang bersangkutan. Sekarang, belanja tidak harus pergi ke toko. Biarpun badan belum mandi dan gosok gigi, hanya dengan bermodalkan komputer dan koneksi Internet, kita bisa memesan barang yang kita inginkan. Banyak sekali toko online yang bisa sahabat kunjungi. Baik itu yang dalam negeri maupun luar negeri.

Namun seringkali banyak konsumen yang tertipu mentah-mentah. Maksud hati membeli barang, malah tertipu jadinya.

Nah, untuk meminimalisir resiko seperti kasus diatas, serbatiga memberikan tips agar aman berbelanja online yang mimin dapat dari E-Bay. Tidak jauh berbeda dengan tips aman berkomputer di tempat umum, namun kali ini lebih mendetail. Apa saja tipsnya?

1. Pelajari Sebanyak Mungkin Produk dan Penjualnya
Terdengar ribet dan cukup menguras waktu juga, namun hasilnya sangat bermanfaat. Jika sahabat tidak teliti dalam berbelanja online, maka bisa jadi sahabat akan tertipu. Dengan mendalami info tentang produk dan penjualnya, selain terhindar dari penipuan, mengakrabkan diri dengan penjual tentu menjadi nilai plus karena bisa saja sahabat mendapatkan diskon lebih.

2. Hati-Hati Terhadap Permintaan yang Tidak Biasa
Misalkan pembayaran yang dilakukan, sebagian dilakukan dari beberapa rekening. Lalu hanya mencantumkan metode pembayaran tunai via pos. Metode tersebut tidak akan menjamin bahwa penjual tersebut dapat dipercaya. Sebaiknya gunakan rekening berjalan yang populer di Kaskus. Sehingga jika sahabat tertipu, tidak sebanyak nominal harga yang akan dibeli.

3. Gunakan Metode Pembayaran yang Aman dan Terpercaya
Salah satu metode pembayaran yang trustworthy adalah PayPal. Sahabat bisa menggunakan PayPal untuk bertransaksi karena selain aman, juga enkripsi yang ditawarkan juga sangat kuat sehingga menjamin dari pihak ketiga yang menyadap koneksi Internet sahabat. Juga PayPal menawarkan asuransi sampai US$ 1000 untuk barang yang tidak diterima oleh sahabat atau berbeda dari deskripsi produk yang ada di suatu toko online.

Berbelanja pada dasarnya adalah membeli barang yang kita inginkan dan kita ingin barang itu menjadi milik kita. Jangan sampai dengan adanya belanja online sahabat menjadi tertipu dan tidak mendapatkan apa-apa. Dengan ketiga tips diatas, setidaknya bisa mencegah dari penipuan online. Satu saran mimin: jangan melupakan belanja secara langsung yaa...

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

14 komentar

komentar
February 23, 2012 at 11:43 PM delete

hohoho mantaaaap. . .ana juga sering belanja online :D

Reply
avatar
February 24, 2012 at 12:02 PM delete

wah thanks ya infonya..

tapi aku pernah sekali tertipu, Rp. 300.000 lenyap

Reply
avatar
February 24, 2012 at 1:50 PM delete

nah sekarang coba deh buka toko online di facebook dgn klik www.onigi.com dan buka toko online anda sekarang. gratis. aman dan terpercaya.


sudah ribuan toko yg udah buka. termasuk artis indonesia.


makasih sharing nya. salam kenal

Reply
avatar
Anonymous
February 24, 2012 at 7:33 PM delete

Nambahin dikit, kalo di website belanja online pastiin pas masukin nomor kartu kredit atau waktu login websitenya pake protokol HTTPS (bisa dicek di address bar browser, kalo HTTPS ada gambar gemboknya) biar data pentingnya nggak di-sniff orang.

Reply
avatar
Bay
February 24, 2012 at 11:10 PM delete

@kid : di situs mana sob?

@selvi : semoga ga ketipu lagi ya habis baca tips ini .. :)

Reply
avatar
Bay
February 24, 2012 at 11:12 PM delete

@toko online : wah, saya ga biasa belanja online sob, lebih suka beli langsung .. :D

@sugar : siap

@twister : yap betul sekali. walaupun sekarang sertifikat dan https bisa diakali juga. dan jangan lupa ada logo verisign .. ^_^

Reply
avatar
Anonymous
February 25, 2012 at 10:50 AM delete

Lihat alamat kontak dlll
Komentar pembeli
Kalau untuk facebook kalao ada olshop berinfo pernah bersekolah di blabla itu pasti penipu

Reply
avatar
February 25, 2012 at 10:54 AM delete

Kalo mau beli komik lama, langka dan ada jg yg segel bisa di beli di http://kaniashofycomic.blogspot.com...numpang promosi

Reply
avatar
Bay
February 25, 2012 at 2:15 PM delete

@sucen : wah, makasih tambahannya ya sob . :Yb
saya belum pernah belanja online sih, suka beli langsung ..

@kania : hihihi, bayar loyaltinya dong .. :D

Reply
avatar
Anonymous
February 26, 2012 at 7:26 AM delete

Indonesia hehehe

Reply
avatar
Bay
February 26, 2012 at 11:40 AM delete

wow, amazing .. kereeen lah mas sucen .

Reply
avatar
February 26, 2012 at 10:42 PM delete

makasih atas tipsnya...bermanfaat sekali.

Reply
avatar