3 Tips Aman Berkomputer di Tempat Umum (bagian 1)

Ada kalanya kita harus menggunakan komputer umum untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas kuliah. Bisa dari warnet ataupun WiFi hotspot. Tentu saja jika menggunakan WiFi, kita hanya bermodalkan laptop atau gadget lain dan tanpa biaya. Pasti senang ya. Sudah cepat, gratis pula. Namun, kita juga harus berhati-hati dalam menggunakan WiFi. Karena sinyal dari WiFi bisa disadap dan bisa juga diinterupsi oleh pihak tertentu. Kali ini, mimin akan memberikan tips agar aman menggunakan komputer di tempat umum atau saat menggunakan WiFi. Mimin sajikan dalam 3 poin pertama dulu. Berikut tipsnya.

1. Nyalakan Firewall


Firewall ini sangat penting karena firewall menjadi tembok pertama untuk menghalangi serangan yang ditujukan kepada komputer kita. Jika firewall ini tidak aktif, maka sang penyerang akan sangat mudah untuk mengakses komputer sahabat dari jarak jauh hanya dengan menggunakan WiFi. Untuk itu, nyalakanlah firewall dari komputer sahabat. Biasanya, fitur ini sudah aktif karena sangat dianjurkan oleh Windows. Firewall secara default sudah tersedia sebagai paket bawaan Windows. Namun, jika dirasa kurang cukup mumpuni, sahabat bisa menggunakan firewall buatan pihak ketiga. Ada banyak software firewall yang tangguh untuk dipasang di komputer sahabat. Mimin sarankan gunakan Zone Alarm atau Online-Armor jika ingin menggunakan software firewall pihak ketiga. Karena dari pengalaman mimin, keduanya memiliki fitur cukup lengkap sebagai firewall.

2. Matikan WiFi Jika Tidak Digunakan


Ada dua alasan kenapa WiFi harus dimatikan jika tidak digunakan. Alasan pertama cukup simpel yaitu untuk menghemat baterai, karena WiFi cukup menguras baterai. Alasan kedua yaitu cara ini merupakan cara yang paling sederhana untuk melindungi diri dari serangan cyber. Kenapa bisa? Karena bila sang penyerang ingin mengendalikan atau menyerang komputer kita, maka dia butuh Internet untuk menghubungkan komputer dia dengan komputer kita. Jika kita mematikan WiFi yang notabenenya digunakan untuk mengakses Internet, maka dengan mematikan WiFi, sahabat akan aman dari serangan dari Internet. Jangan biarkan diri sahabat sebagai target untuk penyerangan dengan menyalakan WiFi ketika tidak digunakan!
Biasanya, sang penyerang menggunakan service Microsoft Zero Configuration untuk menyerang dengan menggunakan WiFi. Apa itu Microsoft Zero Configuration? Itu adalah service yang memperbolehkan koneksi ad hoc anonymous yang artinya, koneksi yang tidak dikenal dari luar dan ingin masuk ke komputer kita, koneksi tersebut diperbolehkan oleh Windows. Dan jika koneksi terjadi, maka komputer sahabat dapat dikendalikan oleh sang attacker. Tidak ingin kan?

3. Enkripsi File


Enkripsi itu semacam proteksi yang dapat menyamarkan data yang kita kirim sehingga tidak mudah untuk dibaca. Analoginya begini, jika sahabat ingin mengirim file yang berisi "ABC", maka dengan enkripsi file yang dikirim oleh sahabat dapat menjadi "CBA" atau "ACB". Tapi file yang dikirim tersebut, jika sudah diterima oleh yang berhak menerima file tersebut, maka file sahabat akan menjadi "ABC" kembali. Nah, proses tersebut disebut dekripsi. Sudah mengerti kan apa itu enkripsi dan dekripsi? Lalu, bagaimana dengan softwarenya? Tersedia dengan freeware di Internet, tool untuk mengenkripsi file. Dengan adanya enkripsi ini, file yang sahabat kirim tidak dapat dengan mudah diakses oleh orang yang tidak berkepentingan untuk melihatnya.

Masih banyak tips yang akan diberikan oleh mimin. Tunggu kelanjutannya...

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
January 25, 2012 at 5:15 PM delete

wow, komplete infonya, lanjut ah, ke bagian dua ^_^

Reply
avatar