3 Tips Mencegah Aplikasi Palsu pada Google Play

Android sempat menjadi sorotan akibat mulai banyaknya malware yang menghinggapi sistem operasi buatan Google tersebut. Sempat juga populer tentang aplikasi palsu yang banyak beredar pada Android Market (sekarang Google Play). Contohnya adalah Angry Birds.

Nah, untuk meminimalisir masuknya malware akibat aplikasi palsu yang beredar di Google Play, sahabat bisa mengikuti 3 tips dibawah ini. Apa saja tipsnya? Cekidot.

1. Periksa Developernya
Saya beri contoh misalnya aplikasi yang sedang populer saat ini yaitu Angry Birds. Developer resmi dari Angry Birds ini bernama Rovio Mobile LTD. Itu pasti yang asli karena memang perusahaan resmi pembuat Angry Birds ini berasal dari Rovio. Jika bukan dari Rovio, sahabat jangan mengunduhnya. Karena bisa jadi Angry Birds tersebut palsu.

2. Cek Rating
Semakin banyak rating, semakin bagus. Biasanya aplikasi palsu ini juga memiliki rating yang bagus, tapi hanya beberapa orang saja yang me-rating-nya. Coba lihat Angry Birds buatan Rovio. Banyak sekali orang yang me-rating. Jika sedikit, lebih baik tidak usah.

3. Baca User Review
Ada baiknya sebelum kita mengunduh aplikasi dari Google Play, bacalah sejenak user review. Disana akan terlihat komentar dari pengguna dari aplikasi tersebut. Baik itu bagus, ataupun jelek. Memang memerlukan banyak waktu. Namun kita disini bicara keamanan. Tak ada salahnya mengorbankan waktu lebih untuk membaca review dari orang lain, karena user review dapat menjadi gambaran atau deskripsi dari sebuah aplikasi.

Itulah beberapa tips, sekaligus penjelasan singkat dari saya. Semoga sahabat dapat berhati-hati dan lebih waspada jika ingin mengunduh sebuah aplikasi. Dimanapun aplikasi itu berada.

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

10 komentar

komentar
May 19, 2012 at 11:57 AM delete

Yup, ini biasa saya lakukan. Minimal rating 4 baru deh di donlot. Trus loat reviewnya. Kalo rating 4 tapi 3 review terakhir tidak menunjukkan kesan memuaskan, ga jadi didonlot hehehe.

Reply
avatar
May 19, 2012 at 2:05 PM delete

@diniehz Wah, berarti sis termasuk orang yang waspada ya .. hehe :D

Reply
avatar
May 19, 2012 at 9:00 PM delete

yg beginian aku msh blom mudeng Mod :)

selamat ngeblog lagi ya

Reply
avatar
May 19, 2012 at 9:06 PM delete

@duniaely Hihi, ayo mba belajar. Hehe ^_^. Terima kasih mba, semoga bisa konsisten lagi nulisnya. :)

Reply
avatar
May 20, 2012 at 2:52 PM delete

Android..
kapan ya bisa make android..?

Reply
avatar
May 20, 2012 at 4:17 PM delete

@basofi saya juga belum punya Android mas

Reply
avatar
May 20, 2012 at 11:33 PM delete

kalo gak punya android gak usah ngecek berarti dong, wew, hihihiy #joke :P

Reply
avatar
May 21, 2012 at 2:15 PM delete

@Stupid monkey emang ga usah, tapi tips ini bisa berlaku buat download program komputer juga .. ^_^

Reply
avatar
May 27, 2012 at 9:34 AM delete

Lumayan buat meminimalisasi kemungkinan kena virus lah, tapi gimana isi programnya siapa yang tau? :D

Pake antivirus mobile mungkin bagus juga, gw sendiri nggak pake antivirus apa-apa untuk Android gara-gara mau ngehemat pemakaian batere sih. Tapi nggak begitu bermasalah juga sebenernya kalo jarang nginstall aplikasi yang aneh-aneh.

Reply
avatar
May 27, 2012 at 2:06 PM delete

@twistedcable Namanya juga mencegah mas. Hehe. Yang penting jangan kebanyakan instal aplikasi, berat ke memorinya..

Reply
avatar