3 Alasan Kenapa Pabrikan Smartphone Mengkustomasi Tampilan Androidnya

3 Alasan Kenapa Pabrikan Smartphone Mengkustomasi Tampilan Androidnya

Tampilan smartphone Android pada dasarnya adalah sama, apalagi untuk OS yang masih di bawah Lollipop. Hal ini wajar, karena smartphone Android diproduksi secara masif sehingga tak semua vendor sempat untuk mengkustomisasi tampilan smartphone Androidnya.

Namun, tampilan smartphone Android bawaan vendor yang itu-itu saja sudah jadi pembicaraan para vendor untuk membuat sedikit perubahan dari tampilannya. Smartphone Android yang muncul di pasaran pun kini tak semuanya seragam, meski masih banyak yang memilih untuk menyamakan tampilannya dengan produk lain.

Baca juga 3 Smartphone Android 4G dengan Harga 1 Jutaan Aja!

Nah beberapa tahun terakhir ini para pabrikan jadi lebih memperhatikan desain antarmuka dari smartphone Android yang akan dijualnya. Sebut saja antarmuka MIUI milik Xiaomi yang terkenal elegan, Flyme OS buatan Meizu, ataupun ZenUI milik Asus.

Kustomisasi ini menjadi pertanyaan, mengapa banyak vendor yang kemudian mengubah atau mengkustomisasi tampilan Android miliknya ketimbang harus terus menyamakan tampilannya dengan produk lain. Penasaran? Berikut 3 alasan yang harus kamu tahu mengapa banyak vendor yang mengubah atau mengkustomisasi tampilan Androidnya

Adu Harga

Bagi smartphone dengan banderol tinggi, tentu adanya kesamaan tampilan tak akan jadi masalah, toh masih banyak fitur dan spesifikasi lain yang bisa diunggulkan tak hanya dari tampilan. Contohnya seperti material yang digunakan ataupun teknologi terkini yang dimiliki.

Namun bagi pasar low-entry, tampilan menentukan kualitas produknya. Jika bersaing di pasar dengan harga Rp1 jutaan, tentu akan ada banyak jenis smartphone Android sejenis yang juga memiliki tampilan serupa. Hal ini yang kemudian jadi pertimbangan agar harga juga bisa menentukan kualitas.

Variasi Tampilan

Pengguna smartphone pun pasti bosan dengan model yang itu-itu saja. Vendor pun memahami kebutuhan masyarakat yang juga ingin terlihat stylish berapapun harga yang menjadi label smartphone Android itu.

Oleh karena itu, tampilan pun harus diubah agar ada variasi dan menarik minat pembelinya. Bahkan, tak tanggung-tanggung, banyak smartphone Android yang tampilannya pun sudah tak orisinil layaknya Android karena sudah banyak kustomisasi sana-sini untuk mempercantik interface dari smartphone Android itu sendiri. Ujung-ujungnya konsumen yang diuntungkan karena mendapatkan tampilan yang keren, tapi harganya murah.

Untuk Mendukung Spesifikasi

Khusus pasar low-entry, tentu spesifikasi yang dibuat oleh vendor pun banyak yang ditekan. Jika memaksakan untuk menggunakan tampilan yang itu-itu saja, bisa jadi kualitasnya tidak mencukupi smartphone Android itu untuk berjalan optimal.

Oleh karena itu, tampilan smartphone Android ini banyak yang dikustomisasi agar bisa menyesuaikan dengan spesifikasi yang ada.

Banyak alasan lain mengapa vendor-vendor kemudian memilih mengkustomisasi tampilan smartphone Androidnya. Namun, tiga alasan di atas merupakan alasan-alasan yang mungkin kenapa pabrikan mengkustomasi tampilan smartphone Android miliknya.

Ada yang mau menambahkan?

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »