3 Kelebihan MIUI Ketimbang Custom Rom Lainnya


Buat kamu yang menggunakan Android pasti pernah mendengar istilah ROM. Jika masih awam dengan istilah ROM, sederhananya ROM merupakan sistem yang bisa dimodifikasi biar kamu punya tampilan Android yang berbeda melalui ROM tadi.

Sudah banyak firmware yang bisa digunakan untuk mengoprek Android kamu, bahkan banyak Android yang memiliki tampilan layaknya iPhone karena kustomisasi ROM yang dilakukan oleh banyak modifikator.

ROM pun akan memberatkan RAM dan processing lainnya karena memaksa Android untuk bekerja lebih banyak akibat kustomisasi. Salah satu yang sering didengar untuk urusan kustomisasi ROM adalah MIUI.

Produk keluaran Xiaomi ini merupakan kustomisasi ROM yang paling baik dibandingkan program lain, meski memang RAM akan semakin besar penggunaannya karena kustomisasi yang berlebih.

Buat kamu yang penasaran mengapa MIUI lebih baik dibandingkan custom ROM lainnya, berikut alasannya:

Customizeable

Bahkan, bisa dibilang MIUI itu bisa dikustomisasi secara menyeluruh.Maksudnya, jika custom ROM lainnya terbatas pada font atau widgets, MIUI bisa mengubah seluruh tampilan Android kamu dengan memasang theme yang sesuai keinginan.

Memang, akan jadi berat karena yang diubah adalah seluruhnya. Namun, RAM yang berat ini juga sesuai dengan keindahan tampilan Android kamu yang berbeda dari sebelumnya.

Mixing possibly

MIUI juga memungkinkan kamu untuk menggabungkan dua atau lebih theme yang disajikan oleh MIUI. Hal ini yang kemudian makin membuat tampilan Android kamu benar-benar berbeda dari yang lain.

Meski begitu, perlu diperhatikan jika satu theme saja sudah membuat RAM kamu bekerja dengan sangat keras, bagaimana jika ada dua atau lebih theme yang kamu gabungkan untuk membuat satu tampilan baru. Namun, tetap saja MIUI ini memungkinkan kamu untuk berkreasi sebaik mungkin lewat tampilannya.

Tools Included

MIUI juga memberikan banyak tools yang berkaitan dengan kustomisasi ROM-nya. Contohnya, antivirus atau control system. Mengingat icon-icon pun akan berubah sesuai dengan kustomisasinya, tentu MIUI juga harus menyediakan aplikasi yang menarik dan tentunya tak pusing dengan iklan-iklan yang seringkali muncul saat membuka aplikasi tersebut.

Demikian tiga alasan mengapa MIUI jauh lebih baik dibandingkan custom ROM lainnya.Meski MIUI tetap memiliki kelemahan dari beban RAM yang tinggi, tetapi MIUI ini pun sudah banyak dibuat versi tidak resminya alias banyak modifikator yang ikut memberikan pilihan MIUI untuk kamu.

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »