3 Fakta Mengenai Prosesor Terbaru Qualcomm Snapdragon 820

Snapdragon 820

Beberapa hari yang lalu Qualcomm resmi merilis prosesor kelas atasnya. Prosesor ini merupakan evolusi dari prosesor kelas atas lain Snapdragon yakni 810 yang sayangnya mendapat respon yang negatif karena isu overheating yang dialami oleh smartphone yang menggunakan prosesor itu.

Dengan Snapdragon 820, Qualcomm berharap bahwa prosesor ini bisa menebus dosa mereka sebelumnya yang belum mampu mengatur panas secara optimal dari Snapdragon 810. Snapdragon sendiri memiliki clock 2.2 GHz dan GPU Adreno 530 yang diklaim lebih cepat 33% dari seri sebelumnya.

Ada fakta yang menarik dari prosesor terbaru dari Qualcomm ini. Apa sajakah itu?

Hanya menggunakan 4 core saja

Ya, prosesor kelas atas Snapdragon ini hanya menggunakan 4 core saja. Tapi Qualcomm tetap pede dengan core yang lebih sedikit. Padahal smartphone sekarang lebih banyak menggunakan prosesor octa-core buatan MediaTek dan dibandrol dengan harga dibawah 2 juta.

Qualcomm beralasan dengan hanya menggunakan 4 core, mereka bisa memaksimalkan clock prosesor ini sehingga performa yang didapat akan semakin kencang.

Mencatatkan skor Antutu sebesar 131 ribu!

Walaupun hanya menggunakan 4 core, skor AnTuTu dari Snapdragon 820 mampu mencatatkan nilai 131 ribu! Jauh melampaui skor prosesor AnTuTu sebelumnya yakni Kirin 930 buatan Huawei yang hanya memiliki skor sebesar 92 ribu poin. Padahal Kirin 930 memiliki teknologi 8 core, 2x lebih banyak ketimbang Snapdragon 820

Memiliki anti-malware secara independen

Karena cukup banyak ancaman yang diterima smartphone, Qualcomm juga menanamkan fitur anti-malware pada Snapdragon 820 ini yang diberi nama Smart Protect. Uniknya, Smart Protect ini tidak memerlukan database seperti lazimnya anti-malware pada umumnya.

Smart Protect sendiri menggunakan metode perilaku aplikasi. Kebanyakan malware masuk ke smartphone melalui perilaku aplikasi yang mencurigakan, namun tidak disadari oleh user. Dengan adanya Smart Protect, perilaku aplikasi yang tidak lazim ini akan dihentikan dan di-uninstall paksa oleh fitur anti-malware Snapdragon 820 ini.

Itulah 3 fakta mengenai prosesor Snapdragon 820. Kabarnya sudah ada 70 lebih vendor yang memesan prosesor ini untuk dipasang di smartphone mereka. Xiaomi Mi5 disebut-sebut akan menggunakan prosesor gahar ini.

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »