3 Distro Linux yang Paling Banyak Digunakan

Windows boleh berbangga karena sistem operasi in banyak digunakan oleh banyak orang. Tapi Linux, sekarang sedang menjadi trend di kalangan masyarakat banyak. Kenapa? Menurut apa yang saya amati, para pengguna komputer ingin mencoba sesuatu yang baru dari komputernya. Dan Linux memberikan jawaban atas keinginan dari masyarakat. Dengan banyak sekali pilihan yang ditawarkan dari distro-distro Linux beserta kelebihannya masing-masing, membuat masyarakat pun tertarik untuk mencobanya. Apa saja jenis varian Linux yang banyak digunakan oleh masyarakat? Langsung ke TKP.

1. Ubuntu (www.ubuntu.com)


Bisa dibilang, ini merupakan kakek buyut dari Linux. Karena Ubuntu telah hadir cukup lama di pasaran. Bersama Fedora dan Debian, mereka telah hadir lebih dulu. Namun nama Ubuntu yang lebih sering orang awam dengar. Ubuntu ini memiliki interface yang user friendly yang artinya mudah digunakan oleh orang yang baru menggunakan Linux sekalipun. Karena tujuannya adalah untuk menyaingi Windows agar pengguna Windows beralih menggunakan Ubuntu. Dengan memanfaatkan Windows yang kala itu sering diserang oleh virus, Ubuntu hadir dengan keamanan yang ditawarkannya. Dan hasilnya cukup jitu.


2. Linux Mint (www.linuxmint.com)


Sampai saat ini, Linux Mint telah mencapai rilis versi 12. Dan baru-baru ini mengalahkan Ubuntu sebagai distro nomor 1 yang telah bertahan selama bertahun-tahun. Apa sih kelebihannya? Mimin pernah mencoba Linux Mint ini dengan versi 11. Hasilnya, cukup memuaskan mimin. Semua  hardware ternyata berjalan dengan sangat baik pada Linux Mint 11. Printer, modem, dan USB terbaca dengan sangat baik tanpa bantuan software bawaan hardware. Hanya perlu skill tentang terminal, maka sahabat pun dapat langsung menjalankan hardware. Tampilannya pun user  friendly, sama seperti Ubuntu.




Namanya cukup seram ya. Situs resmi dari Backtrack pun tak kalah seram. Dengan desain yang sebagian besar didominasi oleh warna hitam, membuat Backtrack terlihat garang. Lalu kenapa Backtrack banyak digunakan oleh banyak orang? Alasannya karena Backtrack ini dilengkapi oleh tool untuk keperluan hacking yang sangat mumpuni. Jadi jangan heran jika kebanyakan pengguna Backtrack adalah para hacker. Oh ya, sahabat jangan salah sangka dulu. Hacker disini adalah hacker yang baik. Mereka mencari kelemahan dari software atau jaringan untuk diberitahukan kepada pemiliknya agar cepat digunakan. Bisa juga untuk menguji suatu situs apakah pertahanannya sudah baik atau belum. Namun tidak tertutup kemungkinan dipakain untuk kejahatan. Dan rilis Backtrack ini sekarang sudah mencapai versi 5. 

Tertarik menggunakan salah satu dari tiga distro Linux diatas? Cobalah sahabat menggunakannya. Mimin jamin, sahabat pasti betah menggunakan Linux. Yang paling penting dalam Linux adalah, sahabat tidak perlu khawatir tentang ancaman virus dan antek-anteknya karena Linux tahan terhadap virus. Bahkan sahabat pun tidak perlu menginstal antivirus di Linux. Menarik bukan?

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

12 komentar

komentar
January 17, 2012 at 11:12 AM delete

backtrack kyknya serem juga tuhh pake ada tool untuk ngehack lagi

Reply
avatar
January 17, 2012 at 12:29 PM delete

w paling sering pakai backtrack dr dulu mpe sekarang buat iseng2,soalnya mantap + kagak rewel

Reply
avatar
Bay
January 17, 2012 at 5:03 PM delete

@jimmy: coba aja dulu, pasti ketagihan kalo udah bisa mah . hehe

@andy: wah, ini kayanya udah berpengalaman pake backtrack nih . share dong sob .. hehe ^^

Reply
avatar
Anonymous
January 28, 2012 at 1:05 PM delete

Kalo merujuk ke ranking DistroWatch sih keliatannya BackTrack bukan termasuk yang paling banyak dipake, tapi untuk masuk 50 besar sih pastinya pemakainya banyak. BackTrack biasanya dipake orang-orang yang suka mainan security aja sih kayaknya, yang buat keperluan computing yang standar aja agak jarang yang pake BackTrack. :D

Reply
avatar
Bay
January 28, 2012 at 2:53 PM delete

@twistedcable : iya memang, backtrack merupakan distro linux yang dikhususkan untuk keperluan security . nah dari judul, yang paling banyak digunakan . backtrack paling banyak digunakan .. hehe *alibi .

makasih kripiknya .. ^_^

Reply
avatar
July 21, 2012 at 9:09 AM delete

linux mint patut di coba tuh ;D

Reply
avatar
Bay
July 21, 2012 at 11:30 AM delete

@zamzam blog ayo ayo dicoba. ga nyesel deh :)

Reply
avatar
May 17, 2013 at 3:57 PM delete

ubuntu dengan windows 7/8 hampir sama di bagian grafisnya, memang ubuntu lebih ringan dibandingkan windows, tapi untuk urusan grafis, sepertinya windows lah yang lebih unggul.. :)

Reply
avatar
Anonymous
June 11, 2013 at 12:41 AM delete

ubuntu dong, lg nunggu ubuntu phone jg nie, bulan oktober mngkin dirilis...

Reply
avatar
November 10, 2013 at 6:40 PM delete

paling enak ya instal 2 os sekaligus,,, win 8 sama linux mint olivia...
wkwkwkwkwkwkkwkw

Reply
avatar
March 9, 2014 at 3:17 PM delete

Dari dulu pangen nih install linux, belum ada kompie nya
hehehehe...

kunjungan balik yah gan desainavatarku.blogspot.com

Reply
avatar
May 30, 2014 at 4:00 AM delete

gan ane udah donlot backtrack 5 re3 tapi pas di install kok muncul tulisan dont panic-bla bla bla kill apalah gak ngerti hehehehe
itu d gmanain yak????

Ganti linux karena win ane di serang virus mulu

Reply
avatar