3 Cara Agar Eksis Di Internet

 
Internet. Dengan Internet, banyak orang bisa mendapatkan informasi dengan cepat, ada juga yang tiba-tiba terkenal karena Internet. Contohnya Sinta-Jojo, Justin Bieber, dan yang terbaru adalah Norman Kamaru. Mereka memanfaatkan Internet untuk mengeksplorasi kelebihannya ataupun hanya sekedar iseng. Dan tak jarang pula orang mendapat ketenarannya dari Internet.
Tetapi, untuk eksis di Internet tidak perlu dengan berlebihan. Kenapa? Karena terlihat sekali orang yang berlebihan itu seperti memaksakan bahwa dia harus eksis. Disini, serbatiga menyajikan 3 cara agar kita bisa eksis di Internet dengan tidak berlebihan.

1. Aktif di Forum
Forum merupakan cara yang efektif agar kita dikenal oleh orang banyak. Aktif disini bukan berarti sekedar mengomentari posting orang seperti "nice post", "keep posting". Itu merupakan spamming yang halus dan terlihat sekali dia mengejar peringkat agar jabatannya bisa naik. Cukup dengan mengomentari dengan memberikan pendapat yang baik atau memberikan kritik dan saran kepada yang menulis posting, akan lebih baik. Tentunya orang lain juga akan mengapresiasi sahabat dan pasti banyak meminta masukan dari sahabat. Dan lama kelamaan sahabat pun dikenal oleh para anggota di forum tersebut. Bisa juga dengan rajin memposting di forum dengan judul dan tema yang menarik untuk dibaca. Secara otomatis, jika postingan sahabat bagus, banyak orang yang mengunjungi postingan sahabat dan sahabat akan dikenal oleh banyak orang.

2. Aktif di Blog dan Seringlah Blogwalking

Tidak jauh beda seperti tips nomor 1 diatas. Aktif di blog dan memposting tulisan yang bagus dan tidak copas, maka lama kelamaan mesin pencari seperti Google akan menyukai blog sahabat dan memasukannya ke daftar pencarian nomor 1. Jika konsisten, bukan tidak mungkin page rank blog sahabat akan bertambah dan akan mendapat pembaca setia. Senang kan mempunyai pembaca setia? Bagaimana jika pembaca setia sahabat adalah orang tv dan merekomendasikan sahabat untuk show di tv-nya? Tambah senang dong?
Dan jangan lupa untuk sering-sering mengunjungi blog orang lain dan berikan komentar. Usahakan kita sopan dan berkenalanlah dengan empunya blog. Dari blog, berlanjut ke dunia nyata. Dan jika empunya blog adalah orang penting di tv atau tokoh media social yang terkenal, bukan tidak mungkin mereka akan merekomendasikan sahabat.

3. Aktif di Social Networking

Bukan berarti sering memasang status yang tidak penting, sering upload foto, dan mengabarkan keadaan sahabat sekarang. Justru dengan itu, bukan eksis yang didapat. Tetapi orang lain akan merasa ilfeel dengan sahabat. Juga dengan mem-posting foto ke Facebook 3x sehari dengan pose yang "meng-aku-kan", itu juga bukan pilihan yang bagus. Memang ada yang suka, tapi lebih banyak lagi yang tidak suka. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa eksis di social networking?

Sahabat tahu Mario Teguh? Dengan fan-page mencapai lebih dari 5 juta, dan jika Mario Teguh meng-update statusnya, bisa dipastikan lebih dari 5000 orang akan me-like dan berkomentar. Memang beliau sudah lebih dulu populer di TV, tapi sahabat juga bisa melakukannya. Dengan menjual keahlian yang dimiliki sahabat dan mempromosikannya di Internet (terutama jejaring sosial), selain mendapat keuntungan secara finansial, sahabat juga akan dikenal di jejaring sosial. Dari mulut ke mulut, secara perlahan sahabat akan dikenal banyak orang dan menjadi terkenal. Jangan lupa untuk mempromosikan blog yang dimiliki sahabat (step 2) ke jejaring sosial. Dengan begini, semakin banyaklah yang mengenal sahabat dan secara tidak langsung, sahabat juga eksis di Internet.

Bagaimana, mudah kan cara untuk eksis di Internet? Tidak perlu untuk berlebihan agar bisa eksis di dunia maya. Keluarkan potensi yang kita miliki, orisinal, berusaha dengan keras, dan jangan lupa berdoa. Janganlah kita merendahkan diri di Internet agar bisa terkenal. Ingat, pengakuan akan datang dengan sendirinya jika kita memang bagus. Tidak usah mengaku-ngaku. Orang lain juga bisa menilai apakah sahabat pantas untuk mendapat pengakuan itu. Dan jangan jadikan keterbatasan sebagai alasan untuk tidak bisa berkarya di Internet. Jika tidak bisa menggunakan komputer, gunakan tablet. Jika tablet tidak punya, gunakan warnet. Jika malas ke warnet, gunakan handphone untuk mengakses Internet. AXIS menawarkan paket Internet murah yang bisa diakses via handphone dan sahabat bisa menggunakan kelebihan itu. Ingin eksis? Segera lakukan tips diatas sekarang juga.

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

19 komentar

komentar
February 6, 2012 at 1:28 PM delete

ooo :o
gitu yah biar eksis,,
dicatat dulu

Reply
avatar
Bay
February 6, 2012 at 1:43 PM delete

@jiah : silahkan .. :)

@uswah : hehehe ^_^

Reply
avatar
February 6, 2012 at 10:45 PM delete

wow, keren juga tuh tips, serba tiga serba tiga, mantab :)

Reply
avatar
February 7, 2012 at 7:49 AM delete

biar exis ikut ntu kontes exis hahahahahha. . . .

Reply
avatar
Bay
February 7, 2012 at 7:06 PM delete

@stumon : siapa dulu dong adminnya :D . kemane aje ente sob? jarang nongol ..

@sugar : eta pisan! hahaha . ikutan gar .

Reply
avatar
Anonymous
February 7, 2012 at 7:58 PM delete

aku suka yg no. 2 .. yang lainnya belum perlu

Reply
avatar
February 7, 2012 at 10:13 PM delete

iya deh, percaya ane, sukses selalu ya :D

Reply
avatar
February 8, 2012 at 12:35 PM delete

wah, saya kurang aktif di forum... :D

Reply
avatar
Bay
February 8, 2012 at 12:46 PM delete

@mba ely : coba mba, lumayan buat nambah koneksi . hehe ^^

@stumon : hehehe :D

@yus : saya juga jarang aktif di forum, tapi mengusahakan bisa . hehe :D

Reply
avatar
Bay
February 9, 2012 at 10:10 AM delete

ayo gar, ente kan jago tuh menghangatkan suasana dalam postingan ente .. hehe
^_^

Reply
avatar
February 14, 2012 at 5:18 PM delete

Mantap Tulisannya....semoga sukses semuanya!
Slam Kenal dari One SM

http://iwansmtri.blogspot.com/2012/01/eksis-dengan-internet-untuk.html

Reply
avatar
Anonymous
February 27, 2012 at 11:08 AM delete

iya sih emang gitu...standar tuhhh baguslah...

Reply
avatar
June 13, 2012 at 11:39 AM delete

Cukup dimengerti bahwa keberuntungan akan datang dari kebaikan yang pernah kita buat tentunya dengan selalu dekat kepada Allah SWT, adalah hal keharusan setiap ciptaan Allah seperti kita yang diberi segalanya. Minta bantuanlah hanya kepadaNYA. PASTI KAN TERCAPAI

Reply
avatar
July 13, 2012 at 12:49 PM delete

wah... boleh juga tuh sarannya! tapi, masih rada bingung bagaimana cara munculin nama blog kita di search engine?

Reply
avatar
Bay
July 13, 2012 at 6:58 PM delete

@safira fauzi kalo buat itu sih saya juga belum terlalu bisa. kata yang udah jago nih kita harus bisa SEO, tulisan harus original, submit ke jejaring sosial, sama sabar. itu intinya :)

Reply
avatar