3 Alasan yang (mungkin) Kenapa Microsoft Meluncurkan Produk Unggulannya pada Android dan iOS

Microsoft

Persaingan di dunia perangkat memang ketat. Bahkan, tiga perangkat yaitu Microsoft, Android, dan iOS terus-terusan bersaing menciptakan produk yang akan menarik pasarnya masing-masing.

Namun, kharisma Microsoft pun tak semudah itu dikalahkan Android dan iOS meski Windows Phone terseok-seok saat melawan Android dan iPhone. Microsoft tetap unggul dalam urusan perangkat lunak atau software.

Baca juga 3 Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Windows Phone

Dari sekian banyak aplikasi yang ada di Google Play atau Apple Store, tentu kita akan tetap melihat adanya aplikasi-aplikasi buatan Microsoft yang bertengger di jajaran aplikasi terbaik yang disarankan oleh Google atau Apple. Namun, yang jadi pertanyaan, mengapa Microsoft terus meluncurkan produknya untuk Android dan iOS?

Tentu saja, ada tiga alasan utama mengapa Microsoft meluncurkan berbagai produk unggulannya kepada Android dan iOS, berikut ulasannya:

Mencari Eksistensi

Microsoft memang sempat tenar di era 2000-an, sebelum Google akhirnya naik disusul Apple. Jika tidak berkembang tentu Microsoft akan habis layaknya Nokia. Oleh karena itu, produk-produk Microsoft perlu dilanjutkan eksistensinya.

Buktinya, Microsoft Office yang sempat diganggu oleh Google Docs kemudian meluncurkan Microsoft Office untuk Android dan iOS, bahkan secara gratis agar eksistensi mereka tetap terjaga. Apalagi, nama Microsoft Office memang sudah terkenal sehingga pengguna Android dan iOS pun akan lebih memilih Microsoft Office dibandingkan aplikasi lain.

Gratis yang tidak gratis

Gratis jadi kata kunci keberhasilan untuk memasarkan produk. Microsoft sudah menggratiskan Microsoft Officenya, tetapi tetap saja ada program premium yang ditawarkan yaitu Office 365 atau program lain yang digratiskan dengan opsi premium.

Skype pun sama, produk gratis ini bisa diupgrade untuk mendapatkan berbagai layanan lain, sehingga tidak benar-benar gratis, tetapi saat ada kata ‘gratis’ maka pengguna akan condong untuk memilih aplikasi tersebut.

Cross Platform

Salah satu cara agar Microsoft bisa terus berkembang adalah cross platform. Setiap aplikasi Microsoft yang disediakan di Android atau iOS semuanya bisa dijalankan di sistem operasinya, baik ke aplikasi lain atau antar OS. Hal ini yang dicoba oleh Microsoft agar meski produk unggulannya diluncurkan ke Android dan iOS, semuanya tetap bisa saling terhubung.

Oleh karena itu, alasan Microsoft terus meluncurkan produk unggulannya pada Android dan iOS tak lain karena Microsoft harus terus bersaing dengan dua OS tadi agar tidak kalah posisi di pasar konsumen.

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »