3 Langkah Keempat Memaksimalkan Komputer Anda


Setelah sekian lama, akhirnya kami bisa menulis di blog ini lagi. Karena mau UAS, jadi kami harus belajar dulu untuk meraih cita-cita, hehe. Beberapa hari tidak update, kami menemukan banyak sekali inspirasi untuk membuat posting yang lebih menarik kedepannya. Sebelumnya, sahabat bisa menyaksikan postingan sebelumnya. Sekarang, mari kita lanjutkan edisi keempat untuk mempercepat komputer sahabat. Mau tau kelanjutannya? Mau tau? Yakin?? Jamaah...Oh Jamaah...Alhamdu...lillah...

PERHATIAN: LANGKAH-LANGKAH YANG AKAN ANDA LAKUKAN CUKUP BERESIKO. UNTUK ITU LAKUKANLAH TIPS DAN TRIK INI DENGAN PENUH KESADARAN DAN RESIKO YANG HARUS ANDA TANGGUNG SENDIRI.

1. Tingkatkan Clock GMA
GMA itu singkatan dari Graphics Media Accelerator. Biasanya benda ini disatukan dengan processor dari Intel. Berfungsi sebagai VGA onboard. Jadi kalau sahabat komputernya tidak memiliki VGA seperti ATi atau nVIDIA, maka VGA onboard-lah yang setia mendampingi sahabat saat bermain game. Kebanyakan vendornya dari Intel (bukan intelejen ya).
Mungkin GMA ini kurang memuaskan bagi para gamer yang tidak punya dana untuk membeli VGA dan pasrah dengan VGA onboard. Tapi seringkali juga mengeluh. Namun ada beberapa GMA yang bisa di overclock. Sahabat bisa menggunakan GMABooster sebagai perantara untuk meningkatkan clock dari GMA ini tanpa mengubah tegangan atau stabilitas sistem.

2. Disable Accoustic Mode
Bukan berarti jadi aliran rock atau metal ya. Accoustic Mode ini adalah fitur dari HDD agar HDD berjalan sunyi, tidak ribut. Memang bagus, tapi akan memperlambat kinerja komputer sahabat. Nah, bagi sahabat yang lebih mementingkan kecepatan ketimbang suara harddisk, sahabat bisa merubahnya di BIOS. Caranya, sahabat masuk ke BIOS (ketok-ketok pintu dulu, jangan lupa salam sama BIOS), cari HDD Accoustic Mode. Mungkin ada di bagian Performance dan pastikan diset ke Performance, bukan Quiet.

3. Persingkat Startup
Startup adalah waktu yang diperlukan untuk masuk ke Windows. Mungkin sahabat pernah mengeluh seperti ini, "kenapa loading komputer saya lama ya?". Nah, hal ini bisa terjadi karena banyaknya program atau service yang dijalankan otomatis saat Windows pertama kali dihidupkan seperti antivirus atau driver misalnya. Cobalah untuk iseng-iseng merubahnya. Caranya mudah, jika sahabat menggunakan XP, jalankan regedit lalu ketik "msconfig" (tanpa tanda kutip). Lalu sahabat bisa cari program atau service yang tidak ingin dijalankan otomatis saat Windows dihidupkan. Untuk sahabat yang menggunakan Windows 7, sahabat bisa langsung ketik di start menu "msconfig" dan caranya sama seperti diatas.
Oh ya, tentunya tidak semua service atau program bisa dirubah. Jika salah pilih, maka akan terjadi error, crash, hang, ataupun tidak bisa dinyalakan. Untuk itu, jika ingin melakukan ini, sahabat bisa didampingi oleh orang yang memang mengerti tentang komputer.

Oh ya, setelah membaca 4 postingan kami tentang mempercepat komputer, apakah sudah ada yang dicoba? Berhasil atau gagalkah? Jika berhasil, kami sangat senang karena bisa membantu sahabat. Bagi yang belum berhasil, sahabat bisa bertanya kepada kami. Jika sahabat ketinggalan, sahabat bisa menbuka part 1, part 2, part3. Tentunya jika terjadi kerusakan, kami tidak bertanggung jawab. Sudah dijelaskan sejak postingan terdahulu bahwa kami TIDAK bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi. Kami sudah tegaskan bahwa tips ini cukup beresiko dan jika melakukannya, sahabat harus siap dengan resiko yang ditanggung.
Apakah sudah beres? Tentu saja belum. Masih ada kelanjutannya. Tunggu bagian kelimanya...

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »