3 Cara Ketiga Memaksimalkan Komputer Anda


Tips berikut ini adalah lanjutan dari bagian pertama dan bagian kedua memaksimalkan performa komputer Anda. Apa saja 3 Cara Ketiga Memaksimalkan Komputer Anda? Langsung simak dibawah.

1. Overclock Video Card
Cara ini sama seperti langkah pada 3 Cara Kedua Memaksimalkan Komputer Anda tentang overclock CPU. Jika Anda sudah membacanya, pasti Anda sudah mengetahui kelebihan dan kelemahannya. Begitupun dengan overclock video card. Dengan meng-overclock video card, Anda bisa meningkatkan kualitas tampilan game yang Anda punya. Caranya bervariasi. Biasanya vendor video card macam nVIDIA atau ATi sudah menyiapkan program untuk overclock video card buatan masing-masing vendor itu. Tentu dengan cara yang lebih aman ketimbang cara manual. Untuk overclock nVIDIA caranya: 
 
  • Klik kanan pada desktop, pilih nVIDIA Control Panel, Adjust GPU setting, Custom clock frequencies.
  • Cari Core bus and memory bus, lalu naikkan angkanya sedikit demi sedikit dan cek apakah semua baik-baik saja atau malah terjadi hang.
  • Jika masih aman, naikkan lagi. Sebaliknya jika terjadi hang, turunkan nilainya. 

Anda bisa membaca informasi lebih lanjut tentang overclocking nVIDIA dan ATi di TweakGuides. Overclock video card juga dapat dilakukan lewat BIOS. Cari fitur yang bernama PEG link mode. Jika Anda tidak melakukan overclocking yang terlalu ekstrem, set pilihannya ke paling tinggi (biasanya Faster) dan rasakan perbedaannya.

2. Edit BIOS Video Card
Ini merupakan cara yang lebih advanced dari cara pertama tadi. Dan tentu saja resikonya pun cukup tinggi. Bahkan bisa dibilang ini merupakan cara yang dapat meningkatkan performa komputer dengan cepat, sekaligus cara tercepat untuk merusak video card Anda. Dan kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi pada Anda. Tertarik dengan tantangannya? Jika ya, download Nibitor dan kemudian jalankan. 

  • Klik Tools, Read BIOS, Select device, pilih video card yang Anda gunakan, dan klik Ok. 
  • Lalu klik Tools, Read BIOS, Read into Nibitor untuk mulai mengedit. 
  • Klik tab Clockrate, dan ubah nilai yang Anda inginkan. Atur setting lainnya, klik File, Save, dan 
  • Gunakan tool NVFlash untuk meng-update video card Anda. Anda bisa mengunjungi www.mkvtech.net untuk informasi lebih lanjut.

3. Optimasi RAM
Tips yang ini berbeda dengan ada yang di majalah karena menurut kami, hal itu cukup sulit untuk dimengerti oleh orang awam seperti kami. Untuk optimasi, Anda bisa gunakan program memory optimizer. Banyak program seperti ini di Internet. Cobalah berkunjung ke freewarefiles.com atau www.softpedia.com. Disana Anda bisa mencari program kategori memory optimizer. Program tersebut aman karena pasti sudah diuji oleh pembuatnya untuk tidak sampai membuat sistem crash.

Selesai? Belum. Masih ada lagi tips dan trik untuk mempercepat komputer Anda. Tunggu bagian keempatnya..

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Anonymous
January 9, 2012 at 4:52 AM delete

Gan, artikelnya sangat membantu dan bermanfaat. Thank.

btw, blog-nya unik banget ya Gan, semuanya serba tiga.

Reply
avatar
Bay
January 9, 2012 at 9:34 AM delete

sama sama gan . lain kali berkunjung lagi ya ..

namanya juga serba tiga gan, kalo serba empat ya empat semua . hehe ^_^

Reply
avatar
October 3, 2012 at 4:30 AM delete

mantap nh gan info'y. Mw tny nh klo mw oc prosesor yg gak bs lwt bios bgmn ya cara'y coz kompi ane jadul pentium 4 chipset via vt8235..tx

Reply
avatar