3 Pabrikan Ponsel ini Ternyata Membuat Smartphone Windows Phone Juga

3 Pabrikan Ponsel ini Ternyata Membuat Smartphone Windows Phone Juga

Siapa bilang sistem operasi Windows Phone hanya digunakan oleh Nokia -sekarang Microsoft- saja? Secara umum, smartphone Windows Phone memang didominasi oleh Microsoft, karena memang Microsoft-lah yang membuat Windows Phone yang bertujuan untuk bersaing dengan Android dan iOS.

Memang sistem operasi mobile buatan Microsoft ini sampai saat ini hanya beberapa saja yang menggunakannya. Bahkan Huawei pun pernah membuat pernyataan bahwa mereka tidak akan memproduksi lagi smartphone dengan sistem operasi Windows Phone.

Baca juga 3 Alasan kenapa kamu harus coba Windows Phone

Walaupun Microsoft masih menjadi device terbanyak untuk smartphone Windows Phone dan jarang digunakan, ternyata Windows Phone juga pernah digunakan oleh pabrikan ponsel diluar Microsoft.

Samsung dengan seri Ativ S i8750


Samsung Ativ S

Samsung ternyata dahulu pernah memproduksi smartphone dengan sistem operasi Windows Phone yang diberi nama Samsung Ativ S. Walaupun memang sekarang Samsung lebih memfokuskan diri pada Android. Setelah itu, tidak muncul lagi seri Ativ sampai saat ini.

Samsung Ativ S memiliki layar 4,8 inci dengan resolusi 720x1280 piksel 306 ppi dan tambahan proteksi layar Gorilla Glass 2. Hal ini membuat layarnya cukup baik untuk dipandang.

Dari sisi hardware, Samsung memberikan prosesor Qualcomm Snapdragon Dual-core Krait 1,5 GHz dengan GPU Adreno 225. RAM 1 GB dengan memori internal 16 GB dan memiliki slot microSD. Untuk kameranya, Samsung Ativ S memiliki kekuatan 8 MP kamera utama dan 1,9 MP di bagian depan.

HTC dengan seri One M8 Windows Phone


HTC One M8 Windows Phone

Pabrikan ponsel asal Taiwan ini terkenal dengan produknya yang berkualitas. HTC One M8 sebenarnya lebih dulu muncul dengan sistem operasi Android. Namun HTC memutuskan untuk membuat One M8 dengan sistem operasi Windows Phone 8.

Secara umum, HTC One M8 versi Windows Phone mewarisi spesifikasi M8 untuk Android. Karena One M8 merupakan smartphone flagship, tentu spesifikasinya diatas rata-rata. Layarnya berukuran 5 inci dengan resolusi 1080x1920 441 ppi. Prosesornya Qualcomm MSM8974AB Snapdragon 801 quad-core 2,5 GHz Krait 400 dengan GPU Adreno 300. RAM 2 GB dengan memori internal 16 GB.

Kamera utamanya sendiri memiliki dua kamera dan dua LED-flash. Masing-masing 4 megapiksel. Sedangkan kamera depannya 5 megapiksel.

Acer dengan seri Liquid M220


Acer Liquid M220

Seri Acer Liquid M220 ini merupakan seri yang baru saja dirilis beberapa hari yang lalu dan membuat Liquid M220 ini bersaing ketat dengan smartphone Windows Phone dari Microsoft 430, 435, dan 532.

Acer Liquid M220 memiliki layar 4 inci 480x800 piksel dengan 233 ppi. Selain itu dibekali prosesor dari Qualcomm Snapdragon 200 1,2 GHz dengan RAM 1 GB. Memori internalnya 8 GB dan bisa ditingkatkan menggunakan microSD. Kameranya 5 megapiksel untuk kamera utama dan 2 megapiksel untuk kamera belakang.

Baca juga 3 Smartphone Android murah dengan RAM 1 GB

Jadi siapa bilang smartphone Windows Phone hanya diproduksi oleh Microsoft saja? Cukup banyak yang tertarik untuk menggarap sistem operasi ini, walaupun memang masih kalah jauh dari Android dan iOS. Kalau sobat ingin mencoba Windows Phone, mungkin tiga ponsel tadi bisa jadi acuan.

Semoga bermanfaat :)

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »