3 Fungsi Utama Kamera Depan di Smartphone

Ilustrasi kamera depan

Hampir semua smartphone yang ada saat ini memiliki kamera depan selain kamera belakang. Pada awal kemunculannya, keberadaan kamera depan langsung menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya. Dan harga ponsel yang memiliki kamera depan pun kala itu sangat mahal.

Sekarang kamera depan seakan jadi kebutuhan yang wajib ada di setiap smartphone. Karena itu para produsen ponsel pun berlomba-lomba mengembangkannya.

Ada tiga fungsi utama kamera depan yang mungkin Anda belum tahu. Apa sajakah itu?

1. Video Call

Pada awalnya kamera depan ditujukan untuk keperluan video call. Waktu teknologi 3G diperkenalkan pada masyarakat, banyak orang yang beranggapan mustahil kita bisa melihat lawan bicara kita pada ponsel. Operator pun jor-joran berpromosi tentang kelebihan video call. Tentunya tarif internet waktu itu cukup mahal.

Tapi sekarang video call tidak terlalu populer. Karena memang koneksi internet di Indonesia masih belum terlalu stabil dan kuota yang diperlukan pun cukup banyak. Jadi gak heran kalo gambarnya patah-patah.

2. Ngaca

Seiring berjalannya waktu, dimana harga smartphone yang memiliki kamera depan semakin murah, justru teknologi ini digunakan untuk berkaca. Yap, tentu saja lebih efisien dan lebih hemat ketimbang harus membeli kaca kecil atau numpang ngaca di kaca mobil punya orang :D

3. Selfie

Dan puncaknya adalah fitur ini digunakan untuk selfie, terutama untuk kaum hawa. Seakan-akan selfie adalah hal wajib yang mesti dilakukan disaat tidak ada kerjaan.

Kamera depan memudahkan orang untuk memfoto dirinya sendiri. Tidak seperti zaman dulu yang harus berfoto menggunakan kamera belakang dengan menebak-nebak angle yang pas. Atau juga dengan melihat pantulan kaca kecil yang ada di kamera belakang. Masih ingat kan? Hehehe.

Nah itulah tiga fungsi utama pada kamera depan. Ternyata seiring berjalannya waktu, fungsinya bisa berubah-rubah. Dan mungkin saja dalam beberapa tahun kedepan ada fungsi baru yang mungkin sahabat temukan.

Semoga bermanfaat :)

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »