3 Cara Menemukan Virus Komputer


Virus komputer sekarang ini sudah menjadi hal yang sangat mengganggu. Seiring berjalannya waktu, semakin lama virus semakin canggih dan semakin sulit pula untuk menghilangkan atau membasminya. Untuk menghilangkannya saja susah, apalagi menemukannya? Virus biasanya menghilangkan diri dari sistem ataupun menyamarkan bentuk dirinya menjadi bentuk lain. Membuat semakin sulit untuk menemukannya.

Menemukan virus komputer sebenarnya susah-susah gampang. Disebut susah karena virus komputer memiliki metode yang dapat menyembunyikan dirinya sendiri, sehingga sulit untuk ditemukan. Disebut gampang karena biasanya virus memiliki karakteristik atau perilaku yang mudah dikenali, semacam menyembunyikan Task Manager, tidak bisa membuka Registry Editor, dll.

Jika Anda kesulitan, ikuti tips berikut.

1. Antivirus
Antivirus merupakan hal yang sangat penting dalam pencegahan dan pembersihan virus. Scan semua direktori yang ada pada komputermu dan semua elemen yang ada pada komputer. Dalam hal ini, antivirus kamu harus memiliki update terbaru. Apapun antivirusnya, update merupakan hal yang penting karena database virus dari suatu antivirus akan bertambah sehingga akan lebih akurat dalam menemukan virus.

2. Keamanan Komputer
Jika keamanan pada komputermu kuat, seperti antivirus yang up-to-date, firewall yang powerful, serta program keamanan lainnya lengkap, maka jika ada virus atau ancaman dari Internet yang mencoba masuk ke komputermu, akan langsung terdeteksi. Dan kamu juga akan mudah menemukan file atau program yang bermasalah tersebut.

3. Cari Manual
Cara yang terakhir ini adalah cara pamungkas jika kedua cara diatas tidak berhasil. Caranya, cari file yang mencurigakan. Biasanya file ini sering ter-download sendiri tanpa persetujuan user. Coba cek dan hapus jika memang kamu tidak mengenali file tersebut. Tapi hati-hati. Jangan sampai file yang kamu hapus itu ternyata file penting untuk menjalankan komputer.

Kamu mempunyai tips lain? Monggo di share :)

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
July 30, 2012 at 4:19 PM delete

Poin nomor 2...sebenernya masih bisa jebol juga sih, soalnya antivirus & software-software untuk security harus punya sampel virusnya dulu untuk bisa bikin penangkalnya. Jadi kalo virusnya belum pernah mereka uji sih mungkin aja bisa lolos.

Antivirus & firewall juga bisa aja dijadiin target hackernya & dibikin jadi virus sih, jadi ya...nggak selalu aman juga, tapi emang lebih bagus kalo pengamannya lengkap. :D

Reply
avatar
September 17, 2013 at 11:32 AM delete

mnrt ana klo di windows, biasana gk bisa cm andalin antivirus doank..tp nonaktifkan autorun di kmputer..karena pd umumnya virus menyebar dgn memanfaatkan autorun...:)

Reply
avatar