3 Hal Sederhana yang Menyebabkan Akun Diretas

Wah-wah, tidak terasa sudah 1 bulan lebih saya tidak meng-update blog ini. Ternyata banyak sekali yang datang walaupun tidak ada posting terbaru. Mohon maaf baru bisa melakukan posting, karena yaa..ada berbagai macam masalah yang ada. Hehe. Lanjut ke judul utama.

Peretasan akun pada sekarang ini sudah marak dilakukan. Mulai dari sekedar iseng, ataupun dengan tujuan tertentu. Cara untuk melakukan hacking pun bermacam-macam. Saya sudah pernah menulis postingan ini sebelumnya yang berjudul 3 Cara Hacking Facebook.

Nah, meskipun metode di postingan tersebut terlihat cukup rumit, ada pula yang sederhana. Hal sederhana inilah yang harus dihindari bagi pengguna akun dimana saja. Apa saja hal sederhana tersebut? Cekidor.


1. Lupa Logout
Lupa logout merupakan hal yang sering dilakukan oleh pengguna akun. Ada yang memang benar-benar lupa, ada pula yang memang sengaja tidak di logout. Hal inilah yang harus kita hindari. Karena jika lupa untuk logout, di warnet misalnya, bisa jadi akun sahabat digunakan untuk hal-hal kriminal.

2. Password Terlalu Mudah
Sejatinya password dibuat untuk mempersulit atau melindungi akun dari serangan hacking. Namun, jika password yang sahabat gunakan terlalu mudah, misalnya 123456, qwerty, nama sahabat, nama pacar, dan lainnya, orang lain pun yang notabenenya bukan seorang peretas, dapat masuk ke akun sahabat dengan mudahnya. Jadi, buatlah password yang sulit, namun mudah untuk diingat.

3. Kurang Waspada
Biasanya ini terjadi jika menggunakan warnet atau hotspot gratisan. Sahabat sedang asik-asiknya menggunakan Internet dan sedang memasukan username dan password ke sebuah situs, ternyata dibelakang sahabat ada yang melihat username dan password sahabat lalu mencatatnya. Dan sahabat tidak tahu. Bisa ditebak apa yang terjadi setelahnya. Jadi sebelum memasukan data sensitif, pastikan sekeliling tidak ada yang melihat.

Hal yang sederhana bukan? Nah, setelah kita tahu hal ini, saya harap para sahabat yang membaca ini segera merubah kebiasaan tersebut agar tidak terjadi hal negatif karena hal sederhana tersebut.

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
September 17, 2013 at 11:30 AM delete

yang paling parah..password terlalu mudah..thanks sob....

Reply
avatar