3 Metode yang Populer Digunakan untuk Hacking Facebook


Di zaman sekarang, banyak sekali kasus tentang pembajakan atau pencurian akun. Terutama dari jejaring sosial Facebook. Metode dari hacking Facebook ini cukup banyak. Mungkin kedepannya akan ada metode-metode baru dalam penjebolan password. Disini kami memaparkan 3 metode hacking yang sering digunakan oleh para attacker untuk mencuri password Facebook dan password lainnya.

1. Phising
Metode ini merupakan cara yang sering dilakukan oleh para penjahat cyber untuk mendapatkan username dan password kamu. Anda sering atau pernah menjumpai seseorang, atau teman Anda mengirimkan link dan Anda langsung mengklik dari link tersebut tanpa tahu apa dari isi link tersebut. Setelah diklik, lalu akan muncul tampilan login Facebook lagi dan Anda diminta untuk login lagi. Tanpa ragu-ragu, Anda mengisi username dan password Anda. Tahu apa yang terjadi? Facebook Anda sudah diambil oleh orang lain. Jadi selalu hati-hati dalam membuka link dari siapapun! Termasuk teman kamu sendiri! Serta perhatikan alamat URL dari Facebook. Jika URL-nya bukan www.facebook.com, segera abaikan.

2. Keylogger
Software ini biasanya dipasang di warnet-warnet. Digunakan untuk memonitoring para penggunanya jika membuka situs-situs yang berbau SARA atau porno. Keylogger ini bisa digunakan untuk tujuan kebaikan, bisa juga untuk keburukan. Cara kerja dari keylogger ini adalah merekam apa yang Anda ketik di keyboard. Semuanya! Dari A-Z, angka, dan karakter khusus. Jika Anda mengetik username dan password dari komputer yang dipasang keylogger maka apa yang Anda ketik akan diketahui sang pemilik keylogger. Cukup menyeramkan bukan? Cara penanggulangannya cukup mudah. Dengan menginstall antispyware atau anti-keylogger Anda bisa menghilangkan software yang mengganggu ini. Dan jika tidak bisa dan keylogger masih ada di komputer, Anda bisa menggunakan on-screen keyboard. Banyak on-screen keyboard freeware tersedia di Internet. Bawaan Windows juga ada.

3. Social Engineering
Maksudnya bukan teknik sosial ya. Social Engineering disini adalah mengumpulkan data-data keseharian dari si korban seperti kesukaannya, hobinya, nomor teleponnya, dll. Setelah semua info terkumpul, sang penyerang mencoba untuk menebak password dari keseharian si korban. Atau bisa juga dengan mengetikkan password seperti 12345, password, qwerty. Password seperti itu sangat mudah untuk ditebak. Memang kelihatannya tidak mungkin. Namun sang penyerang, apabila sudah menyerang maka mereka akan mencoba segala cara dan kemungkinan untuk mendapatkan password si korban. Untuk itu Anda selaku pengguna Facebook gunakanlah password yang berkategori strong. Gunakan kombinasi antara huruf, angka, dan karakter spesial. Susah untuk dihafal? Memang. Tapi demi keamanan dan kenyamanan Anda menggunakan Facebook dianjurkan untuk menggunakannya.

Cara diatas merupakan cara umum yang sering dilakukan untuk mengetahui password Facebook Anda. Selain diatas, banyak cara yang lebih rumit dan kompleks lagi. Meskipun begitu, jangan takut. Selama kita selalu waspada dan cermat dalam ber-Facebook ria, Insya Allah akun Facebook Anda akan terhindar dari pencurian password.

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »