3 Keunggulan Aplikasi Portabel


Kita sering menginstall aplikasi. Browser, antivirus, office, dll. Semuanya harus diinstal kedalam komputer untuk dapat menikmati fitur dari aplikasi tersebut. Tapi tahukah Anda tentang aplikasi portabel? Bila belum tahu, Kami paparkan sedikit mengenai aplikasi portabel. Aplikasi portabel adalah aplikasi yang dapat dijalankan/difungsikan tanpa proses instalasi. Menarik bukan? Aplikasi portabel ini ada banyak tersedia di Internet. Apa saja kelebihan aplikasi portabel ini? Berikut adalah 3 kelebihan aplikasi portabel.

1. Freeware, Efisien, dan Fleksibel
Kebanyakan aplikasi portabel ini dihadirkan dalam kemasan freeware. Sebuah penawaran yang menarik untuk dicoba. Efisien dan Fleksibel karena aplikasi portabel ini tidak diinstal kedalam komputer dan tidak memenuhi local disk C. Lebih bermanfaat lagi saat komputer Anda rusak dan harus menginstall aplikasi satu-persatu, aplikasi portabel ini sangatlah membantu menghemat waktu. Hanya dengan memasukannya kedalam flashdisk atau DVD, aplikasi portabel ini dapat langsung dijalankan tanpa instalasi yang membutuhkan waktu yang lama.

2. Sistem Lebih Bersih
Dengan tidak menginstal, berarti sistem Anda lebih bersih. Kenapa bersih? Karena saat kita menginstal sebuah aplikasi, otomatis aplikasi tersebut akan menanamkan dirinya di registry. Registry adalah sebuah kumpulan informasi, database, konfigurasi file, alokasi memori dari sebuah sistem operasi Windows. Seiring berjalannya waktu, registry akan membengkak dan mengotori sistem. Ini akan menyebabkan kerusakan dan perlambatan sistem. Dengan aplikasi portabel, tidak akan memenuhi registry dan tidak mengotori sistem karena sifatnya yang tidak perlu diinstal.

3. Lebih Aman
Fungsi ini akan berguna saat Anda terpaksa menggunakan komputer umum seperti warnet. Bila Anda peduli dengan privasi dan keamanan, aplikasi portabel ini dapat diandalkan karena logfile yang kita buat tidak masuk kedalam komputer umum melainkan ke aplikasi portabel itu sendiri. Jika Anda termasuk orang yang pelupa untuk log-out dari email dan jejaring sosial, tidak perlu khawatir apabila menggunakan aplikasi portabel ini. Kami sarankan bahwa saat Anda terpaksa harus menggunakan warnet, lebih baik menggunakan browser yang bersifat portabel karena warnet adalah salah satu tempat untuk melakukan kejahatan cyber.

Aplikasi portabel ini sangatlah berguna untuk keamanan dan kenyamanan. Untuk itu selalu siapkan aplikasi portabel ini seperti browser dan chat messaging. Bingung dimana mendapatkannya? Anda bisa mengunjungi portableapps.com, freewarefiles.com, dan softpedia.com

Apakah aplikasi portabel ini tidak ada kelemahannya? Tentu ada. Nantikan postingan terbaru kami tentang 3 Kelemahan Aplikasi Portabel.

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

7 komentar

komentar
January 14, 2012 at 6:51 PM delete

sajuga mnggunakan bbrpa apps portable krna harddisk hmpir penuh :)
salam eMingko Blog

Reply
avatar
Bay
January 14, 2012 at 7:33 PM delete

salam juga eMingko Blog :)

program apa aja gan yang pake aplikasi portablelnya? bisa di-share mungkin . hehe ^^

Reply
avatar
January 14, 2012 at 11:29 PM delete

Menarik banget tentang aplikasi portabel ini. Kok saya baru tau ya? Kasian amat hehehe...

Wah ngegantung nih artikelnya. Kelemahannya apa aja ya? Penasaran nih. Hebat euy artikelnya kayak sinetron aja bikin penasaran hehehe.. Ditunggu ya! Bookmarked!

Salam hangat dari Berita Unik.

Reply
avatar
Bay
January 15, 2012 at 6:15 AM delete

terima kasih Unik Semua, salam hangat juga dari serbatiga :)

wah, dibookmark . asiik ... hehe
haha, udah lama kali gan . tapi gapapa, sekalian mengenal . hehe ^^
buat kekurangannya, ane udah posting ko gan . nih link-nya

http://serbatiga.blogspot.com/2012/01/3-kekurangan-aplikasi-portabel.html

berkunjung lagi ya gan .. :)

Reply
avatar
January 15, 2012 at 6:54 AM delete

Yep, aplikasi postabel bisa di save di flasdisk, jadi simple kalo mau di bawa jalan2, gak beratin kompi, tapi terkadang gampang error/rusak juga sob ;)

Reply
avatar
Bay
January 15, 2012 at 8:08 AM delete

wah beneran gampang error? tapi, selama ane pake Alhamdulillah belum pernah tuh error . hehe

terima kasih pendapatnya @Stupid monkey :)

Reply
avatar
Bay
January 15, 2012 at 8:11 AM delete

@Stupid monkey : sob, kenapa website ente ga bisa diakses ya?

Reply
avatar