3 Cara Pertama Memaksimalkan Komputer Anda


Jika sistem komputer Anda terasa lambat, dan Anda tidak punya dana yang cukup untuk upgrade hardware seperti processor, RAM, ataupun video card untuk keperluan gaming, maka jawabannya adalah: TWEAK SAMPAI MAKSIMAL. Langkah-langkah yang akan kami paparkan disini diambil dari majalah PC Media. Memang kami awalnya tidak ingin copy-paste, namun kami pertimbangkan bahwa tips dan trik dibawah ini sangatlah penting untuk dibagikan kepada Anda. Tapi kami coba sajikan dengan kalimat kami sendiri. Seperti biasa, kami sajikan 3 tips pertama tentang memaksimalkan komputer Anda.

PERHATIAN: LANGKAH-LANGKAH YANG AKAN ANDA LAKUKAN CUKUP BERESIKO. UNTUK ITU LAKUKANLAH TIPS DAN TRIK INI DENGAN PENUH KESADARAN DAN RESIKO YANG HARUS ANDA TANGGUNG SENDIRI.

1. Update BIOS
Tips pertama yang akan kami bagikan adalah meng-update BIOS Anda. Tahu BIOS kan? BIOS singkatan dari Basic Input Output System yang merupakan komponen dasar dari suatu sistem untuk melakukan pekerjaan dasar. Nama lain dari BIOS adalah firmware. Biasanya istilah firmware digunakan untuk perangkat mobile. Meng-update BIOS adalah cara yang dapat meningkatkan performa komputer, memperbaiki bug, ataupun penambahan fitur baru. Bila Anda bingung untuk melihat versi BIOS yang digunakan, lihatlah pada layar monitor Anda saat booting ataupun dengan program untuk membaca versi BIOS lalu kunjungi situs dari produsen BIOS Anda untuk melihat apakah ada upgrade ataupun perbaikan.

2. Disable Perangkat
Anda dapat mempercepat proses booting dengan mematikan perangkat motherboard yang tidak Anda gunakan seperti sound card, video card onboard, port jaringan tambahan, dsb. Jika tidak yakin, coba lihat di BIOS apakah ada menu "Integrated Peripherals"? Jika ada, pilih menu itu dan Anda dapat mencari opsi yang Anda butuhkan ataupun tidak dibutuhkan. Setelah masuk ke Windows, buka Device Manager (devmgmt.msc), cari perangkat lainnya yang tidak digunakan, klik kanan, dan pilih Disable untuk menghemat memory resource Anda. Namun perlu diperhatikan bahwa Anda harus berhati-hati saat melakukan disable. Karena jika salah melakukan disable, bisa saja komputer Anda tidak mau restart ataupun tidak dapat menyala. Jika masih ragu, cari informasinya di Internet ataupun biarkan saja.

3. Percepat Booting
Setelah kita tadi mengoptimalkan BIOS, maka proses boot akan lebih cepat. Matikan pengetesan memory extended karena tidak berguna, lalu nyalakan QuickBoot atau FastBoot (nama tergantung dari vendor pembuatnya) untuk mendapatkan sedikit tambahan kecepatan. Selanjutnya, cari urutan boot (biasanya ada menu Boot atau Startup|Boot). Dan pastikan urutan pertamanya adalah harddisk Anda agar tidak perlu mencari-cari perangkat lain yang akan memakan waktu cukup lama. Jika komputer Anda sedang rusak dan membutuhkan Live CD (biasanya pengguna Linux), Anda bisa merubahnya untuk sementara dan jangan lupa rubah lagi ke semula saat selesai menggunakan Live CD.

Masih banyak kelanjutan dari tips memaksimalkan komputer ini. Berikut 3 Cara Kedua Memaksimalkan Komputer Anda.

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »