3 Penyebab Smartphone Kamu Boros Kuota Internet

No Internet

Duh! Kuota internet habis padahal belum sebulan bisa jadi kegagalan dalam komunikasi. Hubungan bisnis gagal, cinta pun terhambat hehehe. LINE, WhatsApp, atau Path jadi tidak update. Solusinya cuma satu, cari WiFi agar pesan-pesan yang terhambat bisa lancar lagi.

Penyedia layanan internet pun kini memiliki paket yang beragam, dari yang volume based sampai yang unlimited usage. Namun, sekalipun unlimited tetap saja saat sudah mencapai batas wajar pemakaian, kecepatan langsung turun drastis.

Baca juga : 3 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Kebanyakan Orang di Sosial Media

Lalu, apa saja sih sebenarnya yang membuat kuota internet smartphone kita jadi boros pemakaiannya?

Dubsmash, Instagram, Video, dll.

Sekarang tuh lagi hype soal Dubsmash, video berdurasi singkat berisi dubbing dan hal-hal lucu lainnya yang diunggah untuk melepas stress. Instagram pun sama, kalau cuma buka foto sih tidak banyak keluar kuota. Tetapi, saat streaming video tentu kuota akan tersedot banyak, apalagi menonton video di Instagram atau situs penyedia video lain seperti Youtube tidak bisa cuma sekali.

Online Game

Merasa tidak pernah buka video tetapi kuota tetap tersedot habis-habisan? Mungkin kamu sering main game-game seperti Clash Of Clans, LINE Get Rich!, atau semacamnya. Permainan-permainan ini tidak bisa dimainkan cuma 5-10 menit, bahkan ada yang berjam-jam saking serunya.

Namun, yang perlu kamu tahu, permainan di atas bisa menyedot hingga lebih dari 1 MB data per menit. Jadi, jika main berjam-jam, bisa saja kuota habis hingga 100 MB lebih.

Browsing

Memang membuka situs di smartphone katanya lebih ringan, karena sifatnya mobile tidak seperti laptop atau PC yang sifatnya desktop. Namun, jangan salah. Kuota kamu jadi boros penggunaannya juga karena browsing setiap hari. Tidak semua situs sudah dilengkapi mobile-friendly yang biasanya dimulai dari “m.situsdotcom” atau memang tampilan website situs tersebut dirancang untuk ramah dengan perangkat seperti smartphone.


Baca juga : 3 Perusahaan Ini Ternyata Sudah Diakuisisi Facebook!

Jika depannya sudah ada tulisan ‘M’ berarti bisa dipastikan itu mobile-friendly yang hanya menguras kuota dalam kisaran KB. Namun, kalau tulisan ‘M’ tidak ada, berarti bisa saja data yang disedot untuk kuota setara membuka dari laptop kamu.

Jadi, sebelum kamu marah-marah karena kuota bulanan kamu yang habis sebelum waktunya, coba pastikan dulu kamu menggunakannya untuk apa saja. Hal yang perlu diperhatikan salah satunya memang browsing dan nonton video online itu lebih cepat menguras kuota internet kamu, makanya jadi lebih boros.

Image : Flickr

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »