3 Kemungkinan Alasan Apple Sering Menggugat Perusahaan


Selamat malam sahabat serbatiga. Kali ini mimin akan menulis sesuatu yang mungkin cukup kontroversial untuk dibaca karena apa yang akan mimin tulis ini mempunyai penilaian yang berbeda di mata setiap orang. Sama seperti postingan yang berjudul 3 Kekurangan e-KTP yang sukses menimbulkan debat dan pro-kontra yang cukup panjang. Terbukti dari komentar-komentarnya yang bisa dibilang sangat pedas.

Meskipun hal tersebut cukup membuat mimin terkejut dan minder, tapi sekarang mimin tidak takut lagi membuat postingan yang berbau kontroversi. Dengan kontroversi, kita bisa melihat pendapat tidak hanya dari sisi kita sendiri. Tapi bisa melihat sudut pandang orang lain yang mimin tidak tahu dan ilmu pun dapat bertambah.

Sekilas pengantar tentang postingan ini. Kita tahu bahwa sekarang Apple sering menggugat suatu teknologi atau paten yang mereka klaim milik mereka. Perseteruan yang paling panas adalah antara Apple dan Samsung. Mereka berdua adalah raksasa teknologi dunia dan produsen smartphone terbesar. Apple menuding bahwa kebanyakan produk dari Samsung terutama dengan jenis tab, meniru dari produk mereka yaitu iPad. Memang sekilas tidak jauh berbeda antara kedua produk tersebut. Dan sekarang ini, Apple sudah menggugat banyak perusahaan. Baik besar maupun yang kecil. Sebut saja perseteruannya dengan HTC, Proview, Motorolla, Kodak, Android, Samsung, bahkan Amazon.

Apa sebenarnya atau kemungkinan alasan Apple untuk menggugat perusahaan tersebut? Serbatiga akan memberikan 3 alasan yang memungkinkan Apple untuk melakukan gugatan tersebut. Berikut alasannya.

1. Ingin Mengganggu Eksistensi Android
Sebelum sang pendiri perusahaan berlogo apel tersebut berpulang, beliau pernah mengeluarkan statement tentang Android yang dibilangnya sebagai produk curian dan akan menghabiskan nafas terakhirnya untuk melawan sistem operasi Android (CMIIW). Nah kemungkinan yang pertama adalah untuk melawan Android yang sekarang sudah berkembang pesat dan menjadi salah satu tren di masyarakat. Sistem operasi yang terbuka menjadi salah satu alasan kenapa Android populer dan memudahkan para developer program untuk membuat aplikasi mereka. Hal ini berbanding terbalik dengan Apple yang kontrol terhadap aplikasi pihak ketiganya sangat ketat. Namun hasilnya pun memuaskan.

2. Ingin Menguasai Sendiri Teknologi Dunia (Ekslusif)

Ini adalah kemungkinan yang kedua dan menurut mimin ini cukup tidak masuk akal. Namun dengan semakin banyak teknologi dan bahkan nama yang digugat oleh Apple, jika Apple memenangi tuntutannya, maka teknologi tersebut berhak menjadi miliknya. Dan jika ada yang ingin menggunakannya, maka mereka harus membayar loyalti yang mungkin cukup besar nominalnya. CMIIW.

3. Ingin Mendapatkan Income yang Lebih Besar
Pendapat mimin yang terakhir mungkin terkesan konyol atau mengada-ada. Bagaimana mungkin perusahaan sekelas Apple dan sebesar Apple masih kekurangan dana? Dan apakah produk mereka tidak laku? Oh, tentu saja produk mereka sangat laris manis dan selalu ditunggu oleh para penggemarnya. Namun, sifat manusia yang tidak pernah puas dan riset yang banyak dan tentu saja biaya riset ini tidak sedikit, mereka mau tidak mau harus mengeluarkan biaya yang sangat besar. Sesuai dengan slogannya "Think Different", membuat desainer dan researcher harus bekerja ekstra keras dan harus membuat suatu inovasi yang belum pernah ada di dunia ini dan menjadikannya ada di produk Apple. Pekerjaan yang melelahkan dan membutuhkan konsentrasi tinggi. Tentu gaji yang mereka terima pun tidak sedikit.

Itulah ketiga alasan yang menurut mimin cukup masuk akal dengan seringnya Apple menggugat banyak perusahaan. Bahkan mereka pun menggugat Kodak yang sedang di ambang kebangkrutan. Namun mimin juga mengapresiasi Apple yang sudah menjadi pemain penting dalam dunia teknologi dan meraih banyak sukses. Hal ini yang patut dicontoh oleh perusahaan teknologi lain dan tentunya perusahaan teknologi lokal. Jika ada yang kurang setuju atau berbeda pendapat dengan mimin, mohon maaf sekali dan mimin terbuka untuk menerima masukan dan kritikan. Diskusi merupakan hal yang mimin suka karena bisa membuka pikiran kita tentang suatu hal. Jika ada yang mengkritik, tolong yang sopan dan masuk akal. Terima kasih. CMIIW :)

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar
March 15, 2012 at 10:32 PM delete

wah,, mantan sob..
apple memang ingin menjadi yang terbaik di antara teknologi yang lain...

keep blogging sob

Reply
avatar
March 16, 2012 at 11:33 AM delete

Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

Tentang Indahnya INDONESIA

www.jelajah-nesia.blogspot.com

Reply
avatar
March 19, 2012 at 4:07 PM delete

akhirnya ngepost juga mod. . . . :)

Reply
avatar
Bay
March 25, 2012 at 6:23 PM delete

@M. Hidayat : thanks

@Tabah : jarang waktu luang nih mas Tabah . hehe ^_^

@Stu-Mon : ada aja di kampus . ahaha :D

Reply
avatar